Rabu, 18 Juli 2018

BAB 4.12 Cells (menyisipkan, menghapus dan Format)


1. Cara Menyisipkan Baris Atau Kolom Pada Excel

 
Pada postingan kali ini akan dibahas cells yaitu digunakan untuk menyisipkan, menghapus dan menyesuaikan ukuran cell.

Cells (prtsc Excel 2010)
Ket :
1. Insert digunakan untuk menyisipkan  cell, baris, kolom atau seet pada excel
2. Delete yaitu digunakan untuk menghapus cell, baris, kolom atau seet pada excel
3. Format digunakan untuk mengatur dan menyesuaikan ukuran cell.
Untuk lebih jelasnya pada contoh dibawah ini  :
1 . Insert
Yang pertama akan dibahas Insert yaitu digunakan untuk menyisipkan atau menambah data pada kolom atau baris yang sudah diinputkan. Insert terdiri dari beberpa tool diantaranya sebagai berikut  :
A. Insert Cells yaitu digunakan untuk menambahkan satu cell saja/satu kotak saja.

Insert Cells (prtsc Excel 2010)

Sebagai contoh dibawah ini kita pilih shift cells right yaitu untuk menambahkan dan menggeser satu cell/kotak kekanan.
Insert Cells (prtsc Excel 2010)
Shift cells right : menambahkan Cells kekanan
Shift cells down : menambahkan Cells kebawah
Entire Row : menambah baris
Entire Column : menambah kolom
B. Insert Sheet Rows yaitu Untuk Menyisipkan Baris
Insert Sheet Rows (prtsc Excel 2010)

Klik pada cell yang akan disisipkan row, kemudian  klik pada menu Tab Home  Cells >>> kemudian Klik Insert >>> Pilih Insert Sheet Rows.
C. Insert Sheet Columns yaitu untuk Menyisipkan Kolom

Insert Sheet Columns (prtsc Excel 2010)

Klik pada cell yang akan disisipkan column, kemudian  klik pada menu Tab Home  Cells  >>> kemudian Klik Insert >>> Pilih Insert Sheet Columns.
D. Insert Sheet yaitu untuk menambah lembar atau halaman baru.



2.Cara Menghapus Baris Atau Kolom Pada Excel


cara menghapus baris dan kolom/Delete Cell
2 . Delete 
Delete yaitu digunakan untuk menghapus baris atau kolom serta data pada   yang sudah diinputkan. Kebalikan dari Insert, Delete terdiri dari beberpa tool diantaranya sebagai berikut  :
A. Delete  Cells yaitu digunakan menghapus satu cell saja/satu kotak saja.

Klik pada cell yang akan didelet >> klik Delete >>> Delete Cells >> pilih Shift cels left >>> maka menjadi sperti gambar dibawah ini
B. Delete  Sheet Rows yaitu Untuk menghapus satu Baris dengan datanya.
Klik pada cell yang akan dihapus barisnya , kemudian  klik pada menu Tab Home  Cells >>> kemudian Klik Delete  >>> Pilih Delete  Sheet Rows
Hasilnya spt gambar dibawah ini baris nomer 2 hilang/dihapus
C. Delete Sheet Columns yaitu untuk menghapus Kolom
Klik pada cell yang akan dihapus columnnya, kemudian  klik pada menu Tab Home  Cells  >>> kemudian Klik Delete  >>> Pilih Delete  Sheet Columns.
Hasilnya gambar dibawah ini kolom kelas hilang/dihapus
D. Delete Sheet yaitu untuk menghapus 1 lembar/sheet dengan seluruh datanya.


3.Mengatur dan menyesuaikan ukuran cell pada excel

   

Pada postingan sebelumnya sudah dibahas insert cell dan delete cell selanjutnya kali ini akan dibahas format cell.
Format cell digunakan untuk mengatur, menyesuaikan ukuran cell, menyembunyikan cell dsb.
Berikut fungsi-fungsi dari format cell yang sering digunakan yaitu sebagai berikut :

1. Row Height yaitu untuk mengatur dan menyesuaikan ukuran tinggi baris.
Sebagai contoh dibawah ini mengatur tinggi baris dilegakan menjadi 20
2. AutoFit Row Height yaitu untuk mengatur tinggi baris otomatis menyesuaikan dengan data dalam cell.
3. Colomn Width yaitu untuk mengatur dan menyesuaikan ukuran lebar kolom.
 Sebagai contoh dibawah ini mengatur kolom menjadi 15.
4.AutoFit Colomn Width yaitu untuk mengatur lebar baris otomatis menyesuaikan dengan data terlebar dalam cell.
5. Hide & unhide untuk menyembunyikan dan memunculkan baris atau kolom pada excel
Disembunyikan menjadi 
6. Rename sheet untuk memberinama pada sheet atau halaman excel.
7.  Move or copy sheet untuk mencopi dan memindahkan halaman excel
8.  Tab Colour memberikan warna pada tab sheet/halaman.
Terimakasih semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

C.Rumus Excel Matematik

C.Rumus Excel Matematik 1. Belajar Rumus Sumif Excel  merupakan pengabungan dari fungsi SUM (menjumlahkan) dan IF (jika)...