A. Cara Menambah slide baru di Powerpoint
- Buka lembar kerja Office Powerpoint kalian
- Batlah beberapa text isi dalam lembar kerja powerpoint
- Selanjutnya untuk menambahkan atau melanjutkaan kelembar selanjutnya
kalian harus membuat Slide baru atau lembar baru yaitu pada menu Home kemudian Klik New Slide
Sampai disini kalian telah berhasil membuat slide baru di Powerpoint
Selanjutnya bagaimana jika kita ingin mengganti Layoutnya??
Cara Mengganti Layout Powerpoint
Untuk mengganti Layoutnya kalian tinggal Klik Layout pada Menu Home dan pilihlah sesuai selera kalian

B. Fungsi Tool Group Font Pada PowerPoint
Berlanjut lagi pada tutorial belajar
office powerpoint masih membahas tab menu Home, kali ini belajar group
font. Pada group font terdapat tool ikon font, font size, bold, italic,
underline, textsadow dan character spacing.
|
| group font |
Untuk lebih jelasnya berikut akan dibahas satu-persatu fungsi tool icon tersebut :
- Font digunakan untuk memilih jenis huruf
- Font Size digunakan untuk memilih ukuran dari huruf
- Increase or Decrease font size memperbesar atau memperkecil ukuran huruf.
- Clear All Formating menghilangkan/ mengembalikan seperti semula semua format
- Bold, Italic dan underline untuk memberikan format cetak tebal, cetak miring dan garis bawah
- Stikethrought untuk memberikan garis pada tengah tulisan.
- Text Sadow untuk memberikan efek bayangan
- Character spacing untuk menambahkan jarak spesi antar huruf
- Change chase untuk mengganti huruf capital sesuai kebutuhan
- Font colour untuk member warna pada tulisan.
Pembahasan kali ini yaitu fungsi tool text sadow dan character spacing yang merupakan tool yang beda terdapat pada powerpoint, untuk fungsi lain sudah dibahas pada artikel belajar word
Berikut contoh penggunaan tool text sadow
Select tulisan yang akan dibuat berbayang, kemudian pada tab Home >>> group font >>> klik Text Shadow
 |
| Contoh Hasil Text Shadow |
Selanjutnya cara untuk mengatur jarak spasi antar huruf
 |
| Character spacing |
Select tulisan yang akan diatur spasinya, kemudian pada tab Home >>> group font >>> klik panah character spacing dan pilih sesuai kebutuhan, very tight semakin dekat dan very loose semakin jarang.
C.Mengatur Paragraf Pada Office PowerPoint
Tutorial belajar office powerpoint kali ini masih membahas tab menu
Home, sekarang membahas untuk group Paragraph yang digunakan untuk
mengatur paragraf tulisan pada PowerPoint. Toolnya terdiri dari beberapa
icon yaitu sebagai berikut ini :
1. Bullets and Numbering digunakan memberi tanda atau nomer pada setiap item
2. Decrease and increase indent digunakan mengatur jarak kedalam dan keluarnya paragraf
3. Line Spacing untuk mengatur jarak antar baris.
4. Alignment untuk mengatur perataan paragraph rata kiri, rata tengah, rata kanan atau rata kiri kanan.
5. Columns membagi teks menjadi beberapa kolom
6. Text direction untuk mengatur arah orientasi tulisan vertical, horizontal dsb
7. Align Text untuk mengatur jarak atas bawah pada teks box
8. Convert to smart art untuk menambahkan diagram
Berikut belajaroffice.com akan membahas tool ikon yang berbeda pada PowerPoint :
- Cara mengatur arah tulisan pada powerpoint (Text direction)
Select tulisan yang diubah arah orientasinya, kemudian pada tab Home >>> group Paragraph >>> klik panah Text Direction >> pilih sesuai kebutuhan horizontal, rotate atau stacked.
 |
| Text direction |
Berikut contoh hasilnya untuk rotate all text 90 derajat
 |
| Contoh Text direction |
- Cara mengatur jarak atas bawah pada teks box (Align Text)
Select tulisan yang akan diatur align textnya, kemudian pada tab Home >>> group Paragraph >>> klik panah Align Text >> pilih sesuai kebutuhan Top, middle atau bottom.
Berikut contoh hasilnya :
 |
| Contoh Align Text buttom |
D.Menyisipkan Photo Album Pada PowerPoint
Pada tutorial belajar office
powerpoint kali ini, kita langsung berlanjut membahas tab menu Insert,
Menu insert digunakan untuk menambahkan atau menyisipkan bebagai file
meliputi gambar, tabel, sharp, grafik dsb.
|
| Insert Tabel dan Ilustrations |
Untuk lebih jelasnya berikut akan dibahas satu-persatu fungsi tool icon pada menu insert pada group tables dan ilustations dibawah ini :
1. Table digunakan menambahkan tabel pada presentasi
2. Picture digunakan menambahkan gambar pada presentasi
3. ClipArt untuk menambahkan clipart meliputi gambar, animasi dsb.
4. Photo Album untuk menambahkan photo album
5. Shapes untuk menambahkan bentuk bangun segitiga, persegi dsb
6. SmaArt menambahkan diagram.
7. Chart untuk menambahkan grafik.
Berikut belajaroffice.com akan menjelaskan salah satu tool icon yang beda Pada PowerPoint yaitu cara menyisipkan Photo Album.
Perbedaannya dengan insert picture yaitu untuk satu-satu foto/gambar,
sementara untuk album foto kita bisa menyisipkan beberapa foto
sekaligus atau satu album sekaligus.
Berikut langkah-langkah cara menyisipkan Photo Album pada presentasi PowerPoint.
Klik pada slide yang akan disisipkan foto album, kemudian pada tab Insert >>> group ilustations >>> klik panah PhotoAlbum >> pilih klik New Photo Album.
 |
| Insert New Photo Album |
Selanjutnya akan muncul kotak dialog photo Album seperti gambar dibawah ini
 |
| Photo Album |
Kemudian kita masukan album dari komputer klik File/Disk, selajutnya akan muncul jendela Insert new Picture.
 |
| Insert New Picture |
Selanjutnya kita pilih foto/gambar yang akan kita masukan klik >> Insert
Akan kembali kotak dialog photo Album diatas kita bisa mengaturnya sesuai kebutuhan
Caption below All Picture untuk menampilkan keterangan foto pada bagian bawah
All Picture black and white untuk memberikan effik hitam putih pada semua photo album
Picture LayOut untuk mengatur layot gambar
Frame Shape untuk mengatu frame/garis tepi pada foto albume,
dsb sobat belajar office bisa mencoba mengaturnya sesuai kebutuhan
Selanjutnya klik Create
Berikut contoh hasilnya :
 |
E. Menambahkan Movie dan Sound Pada Office PowerPoint
Pada tutorial belajar office kali ini
akan membahas tab menu Insert group Media Clip yaitu digunakan untuk
menyisipkan Movie video atau animasi dan suara pada presentasi
powerpoint yang kita buat supaya lebih menarik bagi pemirsa.
Ada dua menu Icon yang terdapat pada gropu Media Clip PowerPoint yaitu :
1. Movie digunakan menambahkan atau menyisipkan video dan animasi
2. Sound digunakan menambahkan suara atau music pada presentasi yang kita buat
Berikut belajaroffice.com akan menjelaskan langkah-langkah menambahkan video dan suara pada presentasi powerpoint
Cara Menambahkan Movie
Select slide yang akan kita tambahkan video atau animasi, kemudian pada tab Insert >>> group Media Clip >>> klik panah Movie nantinya ada dua pilihan
Movie from File menambahkan dari video yang ada di hardisk computer kita
Movie from Clip Organizer menambahkan movie dari clipart yang disedikan MS office bisa kita download secara online
Pilih sesuai kebutuhan dan ketersediaan file yang kita miliki sebagai contoh kita ambil dari clipart yang sudah ada
kita akan melihat video animasi bergerak ketika kita klik slide show

Cara Menambahkan Sound pada prinsipnya sama seperti contoh diatas
Select slide yang akan kita tambahkan video atau animasi, kemudian pada tab Insert >>> group Media Clip >>> klik panah Sound, nantinya ada beberapa pilihan :
Sound from File yaitu menambahkan dari video yang ada di hardisk computer kita
Sound from Clip Organizer menambahkan movie dari clipart yang disedikan ms office bisa kita download secara online
Play CD Audio Track menambahakan track audio dari media CD
Record Sound kita rekama suara dari microphone pada computer atau laptop
F. Mengganti Tema Presentasi Office PowerPoint Supaya Lebih Berwarna
Artikel Belajar office kali ini akan membahas tab menu Design >> group themes,
yaitu belajar menganti tema presentasi Powerpoint yang kita buat supaya
tampil lebih meriah dan berwarna. Ada bermacam-macam thema yang telah
disediakan, kita bisa pilih sesuai kebutuhan dan seleranya. Kita juga
bisa memodifikasi thema yang ada dengan mengubah pengaturan pada tool
icon :
|
| Icon Themes |
1. Colors : Mengubah warna tema
2. Font : Mengubaha jenis huruf
3. Effect : Mengtur efek thema.
Berikut belajaroffice.com akan menjelaskan langkah-langkah menganti thema pada presentasi powerpoint supaya lebih berwarna :
Klik pada tab menu Design >>> group Themes >>> Pilih Thema yang diinginkan
Berikut contohnya :
 |
| Themes |
Selanjutnya cara memodifikasi/mengubah warna tema yang ada :
Klik >>> pada icon menu Colors >>> pilih sesuai keinginan contoh : Concourse
Berikut contohnya :
 |
| Colors Themes |
G. Memformat warna latar belakang slide
Anda dapat memformat latar belakang slide dengan tekstur, isian pola, atau warna.
Jika menginginkan kontras
yang lebih mencolok antara latar belakang dan teks pada slide, Anda
dapat mengubah warna latar belakang ke warna solid atau gradien yang
berbeda. Memformat warna dan latar belakang slide merupakan cara tepat
untuk menciptakan daya tarik visual.
Menerapkan warna solid ke latar belakang slide
-
Klik kanan slide yang ingin Anda beri warna latar belakang, lalu klik Format Latar Belakang > Isian solid.
Tips: Jika tidak melihat Format Latar Belakang, cobalah mengklik kanan sekali lagi di dekat margin slide sehingga mouse tidak menunjuk pada kotak teks atau objek lainnya.
-
Pilih Warna, lalu klik warna yang diinginkan.
Tips: Untuk menggunakan warna latar belakang yang tidak ada di warna tema, pilih Warna Lainnya, lalu pilih warna di tab Standar, atau campurkan warna Anda sendiri di tab Kustom. Perlu diketahui bahwa warna kustom dan warna di tab Standar tidak akan diperbarui jika nantinya tema dokumen diubah.
-
Untuk mengubah transparansi latar belakang, pindahkan penggeser Transparansi.
Anda dapat mengubah persentase transparansi dari 0% (sepenuhnya tampak, pengaturan default) hingga 100% (sepenuhnya transparan).
-
Lakukan hal berikut:
-
Untuk menerapkan warna ke slide yang dipilih, pilih Tutup.
-
Untuk menerapkan warna ke semua slide dalam presentasi, pilih Terapkan ke Semua.
H. Menerapkan warna gradien ke latar belakang slide
-
Klik kanan slide yang ingin Anda beri warna latar belakang gradien, lalu klik Format Latar Belakang > Isian gradien.
-
Untuk menggunakan prasetel gradien PowerPoint,
lakukan langkah 3, lalu lanjutkan dengan langkah 5. Untuk mengustomisasi
gradien warna sendiri, lakukan langkah 4, lalu lanjutkan dengan langkah
5.
-
Untuk menggunakan prasetel gradien warna, tipe, dan arah, klik Prasetel gradien, lalu pilih suatu opsi.
-
Untuk mengustomisasi skema warna gradien, lakukan hal berikut ini:
-
Di bawah Hentian gradien, klik hentian gradien pertama (berlabel 1 dalam diagram di bawah).
-
Klik panah bawah Warna, lalu pilih Warna tema atau Warna standar.
Tips: Pilih Warna lainnya untuk pilihan warna yang lebih standar, atau untuk membuat warna kustom.
-
Untuk menyesuaikan cakupan warna gradien, klik
dan seret hentian ke kanan atau kiri. Atau, atur persentase penambahan
dengan mengklik Posisi naik dan turun ke persentase yang diinginkan.
-
Lakukan hal yang sama untuk hentian gradien lainnya (ada 4 yang diperlihatkan dalam diagram contoh di atas).
-
Sesuaikan Kecerahan seperlunya.
-
Untuk mengubah transparansi latar belakang, pindahkan penggeser Transparansi.
Anda dapat mengubah persentase transparansi dari 0% (sepenuhnya tampak, pengaturan default) hingga 100% (sepenuhnya transparan).
-
Lakukan salah satu hal berikut ini:
-
Untuk menerapkan warna gradien ke hanya slide yang Anda pilih, klik Tutup.
-
Untuk menerapkan warna gradien ke semua slide di presentasi Anda, klik Terapkan ke Semua.
Ingin tampilan yang lebih bergaya untuk presentasi Anda? Simak Galeri templat PowerPoint untuk desain profesional yang dapat ditambahkan ke presentasi Anda. Di PowerPoint, ketikkan templat dalam kotak Beri tahu yang harus saya lakukan.
Menerapkan warna solid ke latar belakang slide
-
Klik slide yang ingin Anda beri warna latar belakang.
Untuk memilih beberapa slide, klik slide, lalu tekan dan tahan CTRL sambil Anda mengklik slide lain.
-
Pada tab Desain, di grup Latar Belakang, klik Gaya Latar Belakang, lalu klik Format Latar Belakang.
-
Klik Isian, lalu klik Isian Solid.
Selain itu, jika ingin menggunakan gradien berwarna atau isian tekstur, klik Isian gradien atau Isian gambar atau tekstur dan pilih opsi yang diinginkan.
-
Klik Warna
, lalu klik warna yang Anda inginkan.
Untuk mengubah ke warna yang tidak ada di warna tema, klik Warna Lainnya, lalu klik warna yang Anda inginkan pada tab Standar, atau campurkan warna Anda sendiri di tab Kustom. Warna kustom dan warna pada tab Standar tidak diperbarui jika Anda nantinya mengubah tema dokumen.
-
Untuk mengubah transparansi latar belakang, pindahkan penggeser Transparansi.
Anda dapat mengubah persentase transparansi dari 0% (sepenuhnya tampak, pengaturan default) hingga 100% (sepenuhnya transparan).
-
Lakukan salah satu hal berikut ini:
-
Untuk menerapkan warna ke slide yang Anda pilih, klik Tutup.
-
Untuk menerapkan warna ke semua slide di presentasi Anda, klik Terapkan ke Semua.
Menerapkan warna gradien ke latar belakang slide
-
Klik kanan gambar mini slide yang ingin diberi warna latar belakang gradien, lalu pilih Format Latar Belakang.
Kotak dialog Format Latar Belakang akan terbuka.
-
Di tab Isian, pilih Isian gradien.
-
Untuk menggunakan gradien prasetel di PowerPoint, lakukan
langkah 4, lalu lanjutkan ke langkah 6. Untuk mengustomisasi sendiri
gradien warna, lakukan langkah 5, lalu lanjutkan ke langkah 6.
-
Untuk menggunakan gradien arah, tipe, dan warna prasetel, klik Warna prasetel, kemudian pilih sebuah opsi.
-
Untuk mengustomisasi skema warna gradien, lakukan hal berikut ini:
-
Di bawah Hentian gradien, pilih Hentian 1.
-
Klik panah menurun Warna tepat di bawah nama hentian, lalu pilih Warna tema atau Warna standar.
Tips: Pilih Warna lainnya untuk pilihan warna yang lebih standar, atau untuk membuat warna kustom.
-
Untuk menyesuaikan cakupan warna gradien, klik dan
seret hentian ke kanan atau kiri. Atau, atur persentase penambahan
dengan mengklik Posisi naik dan turun ke persentase yang diinginkan.
-
Lakukan hal yang sama untuk hentian gradien lain.
(Terdapat 3 hentian yang diperlihatkan di diagram contoh di atas.
Gunakan tombol Tambahkan atau Hapus untuk mengubah jumlah hentian gradien).
-
Untuk mengubah transparansi latar belakang, pindahkan penggeser Transparansi.
Anda dapat mengubah persentase transparansi dari 0% (sepenuhnya tampak, pengaturan default) hingga 100% (sepenuhnya transparan).
-
Lakukan salah satu hal berikut ini:
-
Untuk menerapkan warna gradien ke hanya slide yang Anda pilih, klik Tutup.
-
Untuk menerapkan warna gradien ke semua slide di presentasi Anda, klik Terapkan ke Semua.
Memberikan Efek Pergantian Slide Dan Suara Pada PowerPoint
Belajar office PowerPoint sebelumnya sudah membahas cara menganti themes dan backgrond
pada postingan kali ini akan dibahas tab menu Animation >> group
Transition to this slide. Animation yaitu digunakan memberikan
efek-efek ketika pergantian slide dan menambahakan suara (tepuktangan,
clik dsb) pada presentasi powerpoint yang kita buat supaya lebih menarik
dan rame.
Berikut beberapa tool icon pada group Transition to this slide :
|
| group Transition to this slide |
- Slide transition : digunakan untuk memberikan efek-efek tampilan pergantian pada slide baru
- Transition Sound : digunakna untuk memberikan efek suara pada pergantian slide baru
- Transition speed : digunakan untuk mengatur kecepatan efek suara pada pergantian
- Apply to All : untuk memberikan efek tampilan dan suara yang sama pada seluruh slide
- On Mouse Click : Mengatur perpindahan slide dengan klik mouse
- Automatically After : Mengatur perpindahan slide secara otomatis sesuai dengan setingan waktu yang kita tentukan.
Untuk jelasnya berikut langkah-langkah :
Cara Memberikan efek tampilan slide saat pergantian (Slide transition)
Klik slide yang akan diberikan efek slide transition >>> Klik tab menu Animation >>> group Transition to this slide >>> klik tanda panah, pilih sesuai keinginan.
 |
| Slide transition |
Cara Memberikan efek tampilan suara saat pergantian (Transition Sound)
 |
| Transition Sound |
Klik slide yang akan diberikan efek sound >>> Klik tab menu Animation >>> group Transition to this slide >>> klik panah Transition Sound pilih sesuai keinginan.
Untuk mengatur kecepatan klik Transition speed : cepat, sedang atau lambat.
Beri ceklis On Mouse Click untuk mengatur pergantian slide dengan cara diklik mouse
Jika ingin secara otomatis atur waktu pada Automatically After beberapa detik sesuai keinginan
I. Menjalankan Slide Show Secara Otomatis di PowerPoint
Menjalankan slide show di power point secara manual mungkin sudah biasa,
namun jika anda ingin tahu cara menjalankan slide show secara otomatis
di presentasi powerpoint yang sudah dibuat bisa menampilkan slide show
powerpoint dengan tool Rehease Timings dimana dengan ini anda bisa
menjalankan slide show power point secara otomatis tanpa harus mengeklik
mouse pc/notebook.
Hal-hal seperti ini memang kadang perlu anda lakukan dalam
situasi-situasi tertentu, semisal dalam presentasi yang memang waktunya
terbatas dan memang dibatasi waktunya, atau mungkin ketika ingin membuat
animasi sederhana menggunakan powerpoint, eits jangan salah power point
juga bisa digunakan untuk membuat video animasi lho ya :D dengan begitu
anda tidak perlu mengklik mouse dan slide show secara otomatis
berpindah secara otomatis ke slide-slide berikutnya.
Dimana secara umum (biasanya) untuk menjalankan slide show di power
point adalah dengan menggunakan slide show >> From Beginning atau
klik tombol F5. dan untuk mengakhirinya bisa menggunakan tombol Esc.
Dengan menjalankan tool ini kita bisa mengatur time/waktu di
masing-masing slide yang akan ditampilkan nantinya secara otomatis tanpa
harus mengklik mouse/enter ketika slide di jalankan, sehingga nantinya
akan berjalan sesuai dengan setting waktu yang sudah anda tentukan.
Cara Menjalankan Slide Show Secara Otomatis di PowerPoint
1. Klik menu Slide Show >> pilih Rehearse Timings, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini
2. Maka akan tampil tampilan kurang lebih seperti ini,
3. Cara menggunakannnya, apabila anda ingin agar slide tampil dalam 15
detik maka ketika timer berada di posisi 00:00:15, klik tombol enter
atau Next. dan untuk mengakhiri anda bisa memilih close (X) atau
mengklik tombol Esc pada keboard anda
4. Maka ketika anda pilih tombol close akan muncul pesan konfirmasi
apakah hasil rekam tadi akan anda simpan atau tidak, jika ingin di
simpan anda pilih Yes begitupun sebaliknya.
| | | | | |
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar