Rabu, 18 Juli 2018

BAB 4.10 Aligment (penjajaran atau perataan Cell dan Teks)

4

1. Cara Menggabungkan Cell Baris dan Colom Pada Ms.Office Excel

Cara Internet - Menggabungkan cell atau biasa disebut dengan marge adalah hal sepele namun terkadang masih ada yang belum mengetahui caranya. Merge cell sendiri dalam Microsoft Word dan Excel memiliki arti penggabungan beberapa cell kolom maupun baris.Merge cell ini sangat sering digunakan jika berurusan dengan tabel.

Menggabungkan cell baris dan colom Excel sangat banyak fungsinya. misalkan saja dalam membuat kwitansi, yang terdapat bentuk-bentuk tabel besar kecil yang tidak teratur. Kita bisa membuatnya pada Ms. Office Word dengan memanfaatkan marge cell ini.



Cara Menggabungkan Cell Baris dan Colom Pada Ms.Office Excel

  • Pertama, buka lembar kerja Ms.Office Excel
  • Blog cell yang ingin digabungkan
  • Klik menu Home pada Menu Bar
  • Klik icon Merge and Center pada group Aligenment
    Cara Menggabungkan Cell Baris dan Colom Pada Ms.Office Excel
  • Maka secara otomatis cell akan tergabung.
Merge & Center : Menggabungkan yang menjadikan posisi teks di tengah
Merge & Across : Menggabungkan cell dalam baris
Merge Cells : Menggabungkan semua cell dengan teks rata kiri
Unmerge Cells : Membatalkan penggabungkan cell

Di program aplikasi Microsoft Office Excel, Jika Anda memasukkan teks yang panjang di sebuah sel (cell), teks akan ditampilkan merentang melewati beberapa kolom. Apabila Anda kembali memasukkan teks yang panjang di sel yang ada disebelah kanannya, teks pertama akan tertutupi. Teks akan ditampilkan tidak lengkap dan mengaburkan arti dari teks itu sendiri.

Sebenarnya Anda dapat menampilkan teks yang panjang di dalam sebuah sel Excel dengan menggunakan fitur Wrap teks. Teks akan dikemas atau ditampilkan menjadi beberapa baris secara otomatis di dalam sebuah sel Excel. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengemas teks yang panjang agar diletakkan di dalam sebuah sel Microsoft Office Excel:
Jalankan aplikasi Microsoft Office Excel dan ketikkan teks panjang ke dalam sebuah sel (cell) Excel. Aktifkan sel yang berisi teks tersebut dengan cara mengkliknya.
Mengemas (wrap) teks panjang ke dalam sebuah sel Excel
Pastikan Anda berada di tab Home (1) dan kemudian klik tombol Wrap text (2).
Mengemas (wrap) teks panjang ke dalam sebuah sel Excel
Sekarang Anda dapat memperhatikan bahwa teks panjang yang merentang beberapa kolom telah dikemas menjadi beberapa baris di dalam sebuah sel.
Mengemas (wrap) teks panjang ke dalam sebuah sel Excel
Jika keseluruhan atau sebagian teks yang dikemas tidak nampak, itu karena tinggi baris tidak mencukupi. Agar tinggi baris dapat menyesuaikan secara otomatis dan menampilkan semua teks yang dikemas, pastikan Anda masih di tab Home, di kelompk Cells, klik tombol Format (1) dan kemudian pilih AutoFit Row Height (2).
Mengemas (wrap) teks panjang ke dalam sebuah sel Excel

3. Cara Menggunakan Orientasi Text Pada Excel

Selanjutnya akan membahas manfaat dan cara menggunakan Orientation Pada Excel. Orientasi yaitu digunakan untuk memutar text didalam cell sesuai kebutuhan, baik memutar teks keatas, text kebawah, miring 45 derajat dsb.
Untuk lebih jelasnya akan diberikan contoh yaitu sebagai berikut :
Orientasi (prtsc excel)
Pada gambar diatas ini akan diubah/diputar orientasinya menjadi kebawah yaitu caranya sebagai berikut :
Orientasi (prtsc excel)
Block/select data yang akan diubah/diputar kemudian di tab Home >> Alignment >>> Klik Orientation selanjutnya  pilih sesuai kebutuhan sebagai contoh Vertical text hasil seperti gambar diatas.

Berikut ini contoh penggunaan dari arah-arah orientasi :
Orientasi (prtsc excel)
Hasil dari Orientasi sesuai nomernya :

4.Cara menggunakan indent pada excel

Berikutnya kita akan membahas manfaat dan cara menggunakan indent  pada excel. Indent yaitu digunakan untuk  menambah (Increase indent) dan mengurangi  (Decrease indent) jarak teks terhadap garis pinggir sel.
Untuk lebih jelasnya yaitu pada contoh dibawah ini :
Cara menambah jarak  teks terhadap garis pinggir sel (Increase indent).
Pada tab Home >> Alignment >>> Klik  Increase indent, maka tulisan akan bergeser menambah jarak.
Selanjutnya Cara mengurangi jarak  teks terhadap garis pinggir sel (Decrease indent).
Pada tab Home >> Alignment >>> Klik  Decrease indent maka tulisan akan bergeser mengurangi jarak.

5. Menggunakan Perataan Text Alignment Pada Excel

Pada postingan sebelumya sudah dibahas alignment fungsi dan cara menggunakan orientasi pada excel. Pada kali ini masih tetap membahas alignment yaitu cara mengatur perataan text.
Untuk lebih jelasnya seperti contoh dibawah ini :
Align text (prtsc Excel)
Pada gambar diatas ini yaitu contoh penggunaan perataan text vertical (atas bawah) yaitu sebagai berikut :
1.    Top Align yaitu digunakan untuk meratakan data/text pada bagian atas
2.    Middle Align yaitu digunakan untuk meratakan data/text menjadi rata tengah secara vertical
3.    Bottom Align yaitu digunakan untuk meratakan data/text menjadi rata bawah
Selanjutnya yaitu contoh penggunaan perataan text/data horizontal (kiri kanan) yaitu sebagai berikut :
Align text (prtsc Excel)
4.    Align Text Left yaitu digunakan untuk meratakan data/text menjadi rata kiri
5.    Center yaitu digunakan untuk meratakan data/text menjadi tengah secara horizontal
6.    Align Text Right yaitu digunakan untuk meratakan data/text menjadi rata kanan.
Kita juga bisa mengabungkan antara perataan vertical dan horizontal sebagai contoh ketika akan menggunakan perataan Middle Align dan Center, sehingga menjadi rata tengah secara vertical dan horizontal, dsb sesuai kebutuhan.
Middle Align dan Center (prtsc Excel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

C.Rumus Excel Matematik

C.Rumus Excel Matematik 1. Belajar Rumus Sumif Excel  merupakan pengabungan dari fungsi SUM (menjumlahkan) dan IF (jika)...